Senin, 25 April 2011

Menginstall Windows 7 di Netbook dengan Processor Atom

Akhir-akhir ini Netbook cukup popular dikalangan masyarakat mengingat ukurannya yang begitu mungil, mudah dibawa, enteng, dan harganya relatif lebih murah. Netbook Sangat cocok bagi end user yang hanya sekedar membuka office atau browsing saja.
Memang perlu diakui, we can not do more with Netbook. Kenapa saya bilang begitu, coba saja Anda install Visual Studio ataupun Expression Studio, bahkan Adobe Photoshop dan Flash. Gimana rasanya?
Ada 2 kemungkinan, tidak bisa di-install atau bisa diinstall tetapi sangat berat. Wajar saja, Netbook biasa ditemani sama processor keluarga Atom dengan kecepatan 1GHz pada umumnya. Sekalipun bisa dan kuat, apakah Anda yakin bisa melakukan coding / design / gaming pada keyboard dan layar sekecil itu ? Itu sekilas netbook.
Beberapa pengujian bahwa Windows Vista kurang sesuai untuk di-install di Netbook, mengingat requirement Vista cukup tinggi. Oleh karena hal tersebut, salah satu hal yang menjadi perdebatan orang adalah dapatkan Windows 7 di-install pada Netbook?
Kenyataannya adalah Windows 7 berjalan lebih enteng, membutuhkan requirement yang lebih rendah, dan dapat berjalan dengan baik bila di install pada netbook.
Silahkan lanjutkan post dibawah utk proses instalasi dan pembuktiaannya :). Saya akan menginstalnya pada Netbook MSI Wind dengan spesifikasi Intel Atom 1.6 GHz, Memory 1GB, Harddisk 80GB. Cukup standard.
Pertama Anda harus restart komputer, dan pilih menu utk melakukan booting dari USB Flashdisk. [mengingat Netbook saya tidak memiliki DVD Drive]
IMG_3190
Ikuti saja langkah demi langkah untuk melakukan instalasi.
IMG_3182IMG_3183
Pada langkah ini, Anda diminta untuk memilih 2 opsi, "UPGRADE terhadap OS yang telah ada" atau "INSTALL BARU".
Bila Anda sebelumnya telah memiliki Windows Vista, Anda dapat menimpanya dengan pilih opsi pertama yaitu "UPGRADE". Bila Anda ingin memaintain Vista, dan menginstall Windows 7 juga. Anda dapat menginstall baru, sehingga akan menjadi dual boot nantinya.
IMG_3193
Selanjutnya pilihlah partisi yang ingin Anda install. [Saya ingatkan, hati - hati dalam memilih partisi, jgn sampai data Anda hilang]
IMG_3194
Lanjutkan saja langkah - langkah selanjutnya sambil menunggu. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat bahwa netbook saya yang berspesifikasi cukup rendah, dapat berhasil di-install Windows 7.
IMG_3188 IMG_3195
Coba - coba browsing, buka windows media player, powerpoint, excel, dan aplikasi standard lainnya. Semua working well :)
Dalam menginstall Windows 7 pada Netbook MSI Wind ini, saya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan pada Laptop Dell 1420 saya (C2D 2GHz, 3 GB), saya hanya butuh waktu 15 menit.

0 komentar:

Posting Komentar