Rabu, 27 April 2011

Marco Calasan, Insinyur Microsoft Termuda

MACEDONIA, yang berharap berubah jadi wilayah pusat teknologi saat ini, sangat berbangga hati. Sebab, Marko Calasan, bocah berumur sembilan tahun dari kawasan itu, menjadi insinyur termuda di dunia yang bekerja di Microsoft Certified System.

Namun lantaran tak ada tanggapan dan dukungan serius dari pemerintah, Marko tak melihat ada masa depan yang baik di wilayah Balkan yang menyatakan kemerdekaan pada tahun 1992 dari Yugoslavia.

“Saya ingin tinggal di sini (Macedonia-Red), tetapi di sini kurang sumber daya. Saya ingin pergi ke Amerika Serikat, tempat di mana saya akan mendapatkan bahan-bahan teknis yang dibutuhkan. Saya tidak bisa sejahtera di sini. Saya ingin tinggal di sini, tetapi tidak bisa,” ujar Marko, sebagaimana dikutip Reuters.



Pada usia enam tahun, Marko memperoleh pengakuan atas sistem administrasi pertamanya dari Microsoft. Dia menjadi selebriti di sepanjang wilayah Balkan pada bulan Desember ketika mendapatkan sertifikasi sistem insinyurnya.

Itu gelar yang sulit diperoleh bahkan oleh seorang insinyur komputer yang ahli sekalipun.
Dengan bakat besar, dia dianugerahi hak spesial. Pemerintah Macedonia pun mengizinkan dia tidak datang ke sekolah secara rutin.

“Saya suka pergi ke sekolah. Namun saya tak bisa pergi setiap hari. Terlalu mudah pelajarannya, tetapi saya mendapatkan hal yang baru di sana,” ujar Marko, yang fasih berbahasa Inggris.

Dia juga bekerja sebagai pengendali sistem administrasi di sebuah lembaga nonprofit yang membantu orang-orang cacat. Marko saat ini memiliki proyek baru untuk mengajari orang tentang pengetahuan komputer dalam bahasa Inggris menggunakan streaming video.

Di antara waktunya mengolah sistem komputer dan membagi pengetahuan, Marko tampak seperti anak-anak lain pada umumnya.

Dia suka bermain bola dengan teman-temannya, bersepatu roda, dan menghilangkan stereotipe seorang kutu buku. Dia menganggap permainan di komputer buang-buang waktu dibandingkan waktu “bermain di luar”.

0 komentar:

Posting Komentar